it belongs to me

just me

Ketika Kejujuran Dipermasalahkan

leave a comment »


Beberapa dari kita mungkin merasa takut untuk melakukan hal-hal yang berkaitan dengan kata ‘jujur’, apalagi jika hal itu juga bersangkutan dengan kesalahan yang telah kita perbuat. Sebenarnya yang kita takutkan itu hanyalah mengenai reaksi orang terhadap kejujuran itu. Kita terlalu sering menduga-duga akan reaksi yang akan terjadi pada orang lain yang tentunya akan menganggapi kejujuran itu.

Terkadang kita merasa menyesal mengakui kesalahan kita karena reaksi yang kita dapatkan tidak sesuai dengan apa yang kita harapakan.

Janganlah terlalu mengharapkan akan sesuatu yang baik saat kita mengakui kesalahan kita karena itu merupakan resiko dari perbuatan kita. Berharaplah akan kemungkinan terburuk yang mungkin akan terjadi, yang penting, kita tidak menyimpan rasa bersalah itu. Bila setelah kejujuran itu diungkapkan akan timbul suatu rasa bersalah yang lain itu dipikirkan nanti saja, yang penting [lagi] satu masalah telah kita lewati.

Apakah kejujuran saat ini masih ada?
Jangan tanyakan itu, mulailah dari diri kita sendiri untuk menciptakan kejujuran itu. Cobalah untuk tidak memikirkan apakah orang lain sudah berlaku jujur pada kita atau tidak. Ingat, yang penting kita sudah berlaku jujur kepada orang lain.

Mulailah dari diri sendiri..

Written by gerald

April 16, 2006 at 3:57 pm

Posted in just curio, tentang aku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: