it belongs to me

just me

babel (2006)

with one comment



Wednesday, January 24, 2007
Galery 21
21.30 wita

emang ga salah ni film akhirnya menang di ajang golden globe. cuman satu kata, keren. mungkin [menurutku sih…] sutradaranya pengen mengulang kisah sukses film pemenang best picture oscar taon lalu. tapi ga jelek juga koq, bisa” ni film bakalan dapet oscar, apalagi [katanya…] pemenang golden globe kadang dipake sebagai pembanding untuk ajang oscar. emang rada dejavu sih soalnya cara bertuturnya mirip dengan crash yang menang oscar taon lalu. beberapa tokoh pada tempat yang berbeda, dengan berbagai konflik pribadi yang berbeda pula tapi mempunyai hubungan dengan tokoh” yang lain.
ya, walaupun semua toko dalam film ini mempunyai hubungan antara satu dengan yang lain, tetapi mereka punya konflik yang sangat berbeda antara satu dengan yang lainnya, jadi kaya’ nonton beberapa episode sebuah serial tv, saling berhubungan tapi di tiap episodenya menceritakan tentang salah satu tokoh dengan beberapa tokoh lain sebagai figuran. meskipun semua konfliknya ga ada yang nyambung, cuman jalan ceritanya cukup dimengerti koq, ga ribet” amat. pokoknya bagus! ga bakalan rugi walaupun sampe nonton di bioskop 3 kali.
menurutku, hubungan antara setiap konflik yang terjadi di film ini adalah bagaimana kita menunjukkan pandangan kita terhadap orang” yang baru kita lihat [belum sampai mengenal]. sering kali kita melihat orang karena image yang ada pada dirinya yang sebenernya ada karena pengaruh lingkungannya. contohnya aja waktu ada seorang amerika yang terkena tembakan nyasar di maroko yang mayoritas penduduknya muslim, pemerintah amerika langsung menuding bahwa itu adalah perbuatan teroris, padahal itu sebenernya hanya peluru nyasar dari senapan seorang anak kecil yang maen” dengan senapan baru ayahnya. emang tragis sih, dengan pandangan kita yang sesaat itu dapat mempengaruhi orang lain untuk berpikir yang sama dengan yang kita pikirkan, padahal belum tentu pandangan kita akan hal tersebut adalah benar.
saat kita melihat seseorang dengan baju lusuh, dandanan seadanya, apa yang ada di pikiran kita pertama kali? dia orang miskin, gembel, dsb. padahal sebenernya dia seorang milyuner dengan setumpuk kartu kredit di dalem dompetnya. dan masih banyak hal” lain mengenai ‘first image’ yang biasanya ada di pikiran kita.
sebenernya itu hanya bagaimana cara kita berpikir. di saat kita berpikir positif, kita akan berpandangan baik terhadap orang lain, yang parah gimana kalo’ kita selalu berpikiran negatif. apapun yang ada di benak kita saat melihat seseorang pertama kali hanyalah mengenai hal” negatif yang mungkin terjadi pada orang tersebut. tapi ada yang bilang kalo’ negative thinking itu adalah tindakan waspada. menurut aku itu mungkin bener mungkin juga tidak, tergantung bagaimana cara kita berpikir.

lalu bagaimana dengan kita?

Written by gerald

January 25, 2007 at 12:27 am

Posted in movie

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. hello! A Good News,google introduce a very user-friendly browser,Free download Quickly,Please visit my blog thank you

    bovet11

    January 25, 2007 at 12:40 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: