it belongs to me

just me

malu

with one comment


gw malu untuk mengakui kewarganegaraan gw.
gw tau ini ga pantes karna sebagai warna negara yang baek, seharusnya gw membela negara gw sampe titik darah penghabisan (cie….). tapi apa yang bisa buat gw bangga dengan negara gw yang satu ini selain kekayaan alamnya yang banyak banget tapi kita sendiri ga tau gimana cara ngelolanya, jadi jangan salahkan ada negara lain yang datang dan ikut membentu untuk mengelolanya walaupun ujung”nya mereka jadi menguasai.
jangan salahkan mereka, lihatlah kepada diri kita sendiri, dengan kekuatan kita sendiri, apa yang bisa kita buat dengan negara ini tanpa bantuan negara lain? nothing!

apa yang bisa dibanggain? warga yang ramah dan murah senyum? basi! udah ga jaman lagi! sekarang udah banyak turis asing yang mengaku terganggu dengan sikap warga sekitar objek wisata yang seakan” merongrong mereka dengan berbagai souvenir dengan harga ga wajar. jangan tanya berapa banyak warga kota besar yang bisa dengan rela hati bertingkah ramah kepada orang lain. kita sekarang hidup di jaman waspada yang setiap orang menganggap semua orang asing itu orang jahat. jangankan mau bertingkah ramah, ada orang asing dateng ke rumah aja pembantu disuruh diem di dalem rumah.

jadi, apa yang bisa dibanggain? objek wisata? apa bukti bahwa pemerintah benar” memperlakukan pariwisata indonesia sebagai nilai jual yang lebih selain memperkenalkan bali (setau gw ini dilakukan pemerintah daerah, bukan pusat)? jelas” beberapa waktu yang lalu kita melihat dan mendengar bahwa candi borobudur sudah tidak lagi tercatat sebagai 7 keajaiban dunia. pemerintah kita terlalu pelit untuk mengeluarkan sedikit dana yang agak besar untuk mempercantik lokasi sekitar objek wisata, mereka takut rugi kalau nantinya ternyata objek wisata tersebut akan sepi dari kunjungan wisatawan. satu yang terlihat, rasa pesimis yang duluan keluar, bukan suatu optimisme bahwa negara ini akan maju. lihat apa yang dilakukan pemerintah yordania untuk menjadikan petra sebagai salah satu bagian dari 7 keajaiban dunia yang baru, mereka menempatkan beberapa komputer yang terhubung dengan jaringan internet sehingga setiap pengunjung objek wisata tersebut dapat memvote petra sebagai salah satu bagian dari 7 keajaiban dunia. apa yang dilakukan pemerintah kita?

apa lagi yang bisa dibanggakan? prestasi olahraga? nothing! dimana prestasi tim badminton negara ini yang dulu sangat dielu”kan? sampai” juara terbanyak kejuaraan dunia piala sudirman-yang notabene berasal dari indonesia- bukan dari indonesia sendiri.

apa lagi? peringkat korupsi dan jumlah penduduk di peringkat 10 besar dunia? atau peringkat nomor satu sebagai negara perusak hutan di dunia?

satu hal lagi yang baru saja kutemukan malam ini.
june 13, 2007, 12:00am.

gw belom bisa tidur jadi gw memutuskan untuk melihat acara tv yang setahuku pada jam” segitu akan ada berita malam yang merangkum keseluruhan berita dalam satu hari.salah satu televisi swasta paling tua di negara ini sedang memutar sebuah sinetron (atau ftv gw ga tau) yang waktu gw ngeliat sekilas gw tau kalau acara ini menjiplak sebuah film holywood. dan yang parah, yang dijiplak bukan hanya jalan cerita, tapi sampe dialog!! hanya dibahasa indonesiakan.
gw bingung dengan komitmen pemerintah dan kalangan dunia hiburan yang katanya mau menghakimi para pembajak. bagaimana mau menentang pembajakan kalau mereka sendiri membuat berbagai acara dengan skenario jiplakan. sebegitu rendahkah tingkat kreativitas bangsa ini? kalaupun kreatif, mereka melakukannya dengan cara yang salah.

gw malu

Written by gerald

July 16, 2007 at 4:21 am

Posted in just curio

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. betul banget, kadang artispun latah ikutan menuntuk hak, tapi lupa kewajibannya. seperti kebanyakan rakyat indonesia…

    isnuansa_maharani

    July 17, 2007 at 10:18 am


Leave a Reply

