it belongs to me

just me

marley [again]

with 3 comments



lagi ngebaca ulang novel biografi [??] si anjing nakal bernama marley..
udah hampir 3 kali q baca novel ini tapi tetep aja bisa buat ketawa dan sedih [di beberapa tempat, bisa buat diriku yg tak berperasaan ini menangis..].. pokoknya lengkap lah..

banyak banget hal lucu, sedih, romantis yang diceritain sama si john grogan, penulis sekaligus pemilik marley terdahulu. keluarga grogan awalnya hanya terdiri atas john dan jenny yang mencoba untuk merawat seekor anjing keputusan ini diambil setelah jenny merasa tidak akan sanggup menjadi seorang ibu yang baik bagi anak”nya sebelum dapat memelihara sebuah [??] makhluk hidup dengan sukses, karena pengalamannya merawat tanaman dapat dikatakan gagal total. jadilah mereka memutuskan untuk memelihara seekor anjing sebagai ajang latihan jika mereka akan mempunyai seorang bayi..

betapa tingginya peringkat marley, si labrador retriever, di dalam keluarga grogan, dia dianggap sebagai anak oleh john dan jenny. dalam beberapa, bulan, marley mampu hidup dan bertumbuh bersama keluarga grogan dengan ‘subur’. fisiknya dapat dikatakan lebih besar untuk anjing setipenya.

satu kesalahan john waktu memilih anjing yang akan mereka pelihara adalah, john tidak melakukan survey tentang jenis anjing yang akan mereka pelihara, dimana hal itu baru dilakukannya setelah marley menjadi bagain dalam keluarganya. john baru tahu bahwa spesies marley mempunya ‘sedikit’ energi berlebih yang apabila tidak disalurkan dapat membuat merley sebagai anjing perusak.
kelemahan marley hanya satu, tidak taat pada perintah! dengan rekor dikeluarkan dari sekolah kepatuhan, marley menjadi anjing yang sedikit tidak bisa diduga. satu lagi, marley sangat takut dengan yang namanya badai. saat john atau jenny berada di dekatnya, marley akan selalu menempel kepada mereka sambil meletakkan ekornya diantara kedua blah kakinya. dia seperti tidak berdaya terhadap badai. tapi saat marley berada di dalam rumah sendiri, dia akan merusakkan apapun yang ada didekatnya akibat rasa paniknya.

akibat berbagai tindakannya yang tidak bisa diduga ini, dokter pribadi marley memberikan obat penenang kepada john dan jenny dengan pesan, “jangan ragu untuk menggunakannya..”

john menjadi penghibur di kala mereka susah dan menjadi bagian dalam kesenangan yang datang dalam keluarga grogan. sifat perusaknya bisa hilang sama sekali saat kesedihan datang mengunjungi keluarga grogan. satu hal yang membuat john dan jenny terkejut adalah saat marley ikut turut bersedih akibat gugurnya kandungan anak pertama di keluarga grogan. marley menjadi anjing yang lain dari yang biasanya, dia benar” meresapi bahwa dia adalah bagian dari keluarga grogan.

selama 13 tahun marley menjadi bagian penting di keluarga grogan. menjadi bagian saat anak pertama mereka hadir den menjadikan marley prioritas yang kedua. menjadi bagian saat kepindahan mereka ke philadephia. saat marley menjadi penyelamat di suatu ‘adegan’ kriminal. saat marley menjadi bintang film di sebuah film produksi hollywood. dan banyak waktu lagi dimana marley menjadi bagian penting di keluarga grogan.

intinya, novel ini mau bilang, mungkin ngga’ ada makhluk di dunia ini yang bisa setulus si anjing marley ini. marley menunjukkan kasihnya kepada keluarga grogan dengan tulus, melalui hati seekor anjing. bahkan hingga beberapa waktu setelah kematiannya, marley tetap menjadi bagian penting bagi keluarga itu.

Written by gerald

September 10, 2007 at 1:08 pm

Posted in baca buku

3 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. iya do..
    gw langsung kesengsem dari halaman pertama ;)
    hari ini jadi gak kerasa sepi gara2 buku lucu ini.
    makasi ya udah mo minjemin..

    -fanSi-

    Fansi

    September 12, 2007 at 9:32 am

  2. “mungkin ngga’ ada makhluk di dunia ini yang bisa setulus si anjing marley ini…”

    mungkin pak ;)

    voices-noises

    April 1, 2008 at 6:27 am

  3. @voices-noises
    iya, mungkin.. tapi setalh membaca novel ini, aku semakin yakin tidak ada yang mampu setulus marley. ya, dia hanya binatang, tapi disitulah letak ketulusannya, dia tidak mempunyai niat jahat kepada orang lain..

    aLdo

    April 1, 2008 at 4:56 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: