it belongs to me

just me

blogging

with 5 comments


entah kenapa saya pengen aja bernostalgia dengan jaman” awal mengenal dunia per-blog-an.

dulu, awal kenal internet [kalau ga salah sekitar tahun 2001, kelas 2 smp] belom kenal yang namanya blog. yang dikenal cuman e-mail dan mirc [how are u? udah lama ga kesana..]. mulai kenal yang namanya situs porno [ga perlu diceritain lebih lanjut]. pokoknya dulu tiap hari pengen aja ke warnet, sampe kenal sama penjaga warnetnya, sampe bantuin jaga warnet, dsb.. ngapain? tujuan utama adalah chatting! hahaha… waktu itu chatting adalah suatu teknologi hebad buat saya. gimana caranya orang bisa ngobrol lewat tulisan dalam waktu yang hampir tepat [real time]? awalnya juga karena keseringan nonton lupus, ngeliatin lupusnya chatting sama pacarnya di luar negeri, jadi pengen juga bisa chatting.

kadang pulang sekolah bareng” temen ke warnet, just for chatting! ngerjain orang di chatting, ketawa-ketiwi ga jelas. ada gunannya? ga sama sekali! temen” saya semasa sering chatting dulu ga pernah ada yang berlanjut. selesai chatting, selesai pula pertemanan itu. :D

naik sma, udah mulai pinter dikit. internet mulai dipake nyari bahan pelajaran. dulu saya termasuk orang yang dijadikan acuan buat hal” seperti ini. hampir tiap hari ke warnet cuman buat ngajari temen buat & ngirim email. bukan bermaksud sombong, asik aja menjadi orang yang bisa diandalkan di suatu bidang.. saya juga pernah dapet duit dari kebiasaan ini. ceritanya waktu itu ada teman yang pengen nyari foto” artis idolanya, jadilah saya dimintai tolong dengan bayaran rp. 50rb untuk mencari gambar artis. hahaha… lucu banget! apa susahnya sih nyari gambar arti sebesar kapasitas 2 disket 3,25inch? kalau 1 disket berkapasitas 3 koma sekian mb, berarti saya hanya butuh mencari sekitar 6mb, yah sekitar 20-30 foto. tidak susah jika dengan memanfaatkan tenaga om google.

nah jaman sma itu udah pernah denger tentang blog. cuman masih bingung untuk apa dan bagaimana cara membuatnya. pikiran saya waktu itu adalah, blog = web pribadi, berarti harus bisa desain web. jadi saya mengurungkan niat saya untuk buat blog. pikiran saya masih ingin senang”, tidak mau belajar desain web, padahal kalau saja saya mau belajar dari dulu, mungkin tugas akhir ini tidak begitu sulit jadinya…

lulus sma, masuk kuliah. ini baru belajar yang namanya friendster. tapi ga sempet ketagihan, karena friendster itu membosankan. sekarang saja saya hanya menggunakan friendster sebagai pengganti email. bukan pengganti malah, hanya support.

semester 4, akhir maret 2006, muncullah postingan pertama. waktu itu masih menggunakan engine milik blogger, karena dulu itu yang terkenal. dulu blogger belum diakuisisi oleh google, masih berdiri sendiri, sejak diakuisisi oleh google, blogger menjadi sangat berat. loginnya harus menggunakan login gmail [walaupun saya sudah punya gmail sejak tahun 2005, tetap saja ini merepotkan]. sungguh merepotkan. cukup lama saya bertahan di blogger, sekitar 200 postingan blog ini diposting melalui blogger. baru sejak awal 2008 saya pindah ke wordpress.

sekitar 1,5 tahun saya menggunakan blogger, bertahan hanya karena di blogger bisa mengedit css & html seenak jidat, tidak perlu bayar seperti di wordpress. tapi lama kelamaan saya mulai tidak tahan. tidak ada tekanan dari orang lain, tapi hasil dari blogwalking saya mendapatkan bahwa sebagian besar penulis blog ada di wordpress [ini sepenglihatan saya lho, tidak ada study ilmiah mengenai hal ini].

awal ngeblog, tujuannya hanya untuk menyalurkan kesukaan saya untuk menulis, itulah mengapa saya memilih jurnalistik sebagai ekstrakulikuler waktu sma dulu. awal ngeblog, tidak ada pengunjungnya. sebagian besar postingan hadir tanpa comment dari pengunjung. lalu muncul 1 pengunjung. yang saya tahu dia juga suka dengan dunia jurnalistik sama dengan saya. jadi kami saling mengunjungi dan berdiskusi ga penting tentang blog. lalu 1 teman lagi mulai ikut ngeblog, tidak tahu alasan pastinya. lalu bertambah lagi 1 orang lagi. kadang blog kita gunakan hanya untuk mengomentari tulisan, karena kita masih teman 1 kampus, jadi terkadang kita akan mengomentari di luar blog.

berawal dari blogwalking, mulai mengenal beberapa orang yang hanya saya ketahui dari dunia ini, blog. rasanya mengenal seseorang dengan lebih dalam, tanpa mengenal orangnnya secara langsung. cukup menyenangkan. blog ini kemudian perlahan mulai dikunjungi beberapa teman maya. ada yang gila belanja, sampai yang gila beneran. hehehehe… orang” yang unik.. dan saya bangga bisa menjadi teman” mereka. yang pasti, pertemanan ini tidak berhenti saat kita menutup browser seperti pertemanan kelas mirc. selain lewat blog, terkadang kami melanjutkannya lewat yahoo messenger.

lalu tarif internet menjadi murah. teman” yang 1 kontrakan memutuskan untuk berlangganan internet tenpa batas [unlimited]. mereka juga mulai kecanduan ngeblog. tidak tahu apa alasannya, mungkin sama seperti saya dahulu, ingin menyalurkan kesukaan untuk menulis, atau mungkin bingung bagaimana cara menggunakan fasilitas itu supaya tidak rugi. hahaha… lalu muncul blog” ini, mulai dari yang gratisan: alit, gede, indra, stikom-si-2004, dede; sampai yang membeli domain .com, giri [ada yang lain yang belum diabsen?].

entah sampai kapan akan ngeblog? sampai tidak punya jari untuk mengetik lagi, mungkin.. yang jelas, saya mendapatkan banyak hal dari sini..

Written by gerald

July 10, 2008 at 5:24 am

Posted in blogging, tentang aku

5 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Sampe kapan ya aku bisa ngeblog…?? :roll:

    # hayooo sampe kapannnn???

    alitkarnajaya

    July 10, 2008 at 11:14 am

  2. ooiiiiii ga syopan………………. wkwkwkwkwk… promosiin yang bagus2 kek… ini mah gila belanja wkwkwkwkwkwkwk… kurang ajaaaaaaaaaaaaarrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr… =))

    # hihihihihi… gua ganti deh… “ada yang baik banget sampe suka ngerecokin klo pas online, ada yang gila beneran…”,,,
    udah?

    th3sea

    July 10, 2008 at 12:46 pm

  3. jadi terkenang (halah) masa” jaman internet masi dianggep.. uhm, far away. hhe. thanks for putting me into #1. hhe lagi…

    # yup, dijaman yg internet masih dianggap ‘barang’ mahal itu…
    you’re welcome…

    Fansi

    July 10, 2008 at 4:06 pm

  4. Hello..
    gw cuma mau ngasi tau, ada birthday-contest dari Pink! Hadianya free hosting & domain! Lumayan kan.. cukup lah untuk blog baru. Syaratnya juga gampang, salah satunya punya blog. Keterangan lebih lanjut silahkan lihat blog gw http://www.movie-holic.net atau http://gamemini.blogspot.com Ada small banner di situ. Oke, thanks..

    brillie

    July 10, 2008 at 5:58 pm

  5. mengenang masa lalu ni ceritanya

    # bisa dikatakan seperti itu…

    Permana Jayanta

    August 1, 2008 at 11:39 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: