it belongs to me

road to serukam & tamong part 1

leave a comment »

minggu, 20 desember 2009

Perjalanan ini kami mulai.

36 orang dari surabaya ditambah 1 keluarga yang berjumlah 5 orang dari jakarta bertolak menuju pontianak, kalimantan barat. Kami tiba sekitar pukul 12 siang waktu pontianak, gerimis menyambut kedatangan kami di bandar udara supadio, pontianak. Dibandingkan dengan juanda, bandara ini bisa dibilang cukup kecil. ruang kedatangan hanya mempunya 2 line untuk mengambil barang dari bagasi. tapi dibanding bandar udara selaparang, mataram-lombok, ini sudah lebih dari cukup. masih terlihat senyum penuh semangat di masing-masing raut wajah kami. Semangat untuk bermisi di sebuah desa yang hanya 3 orang dari antara kami yang pernah menginjakkan kaki disana. Pergi ke sebuah tempat tanpa tahu pasti tantangan apa yang akan kami hadapi disana.

tiba di pontianak, kami langsung bertolak menuju ke rumah makan nasi akwang sebelum melanjutkan perjalanan kami menuju kecamatan serukam, kabupaten bengkayang, kalimantan barat. rasanya mirip dengan siobak singaraja, hanya saja, disini menggunakan kuah, bukan saos seperti siobak. ditambah dengan es jeruk khas pontianak, makan siang itu terasa begitu nikmat.

serukam berjarak kurang lebih 200km dari pontianak, atau sekitar 40km dari kota singkawang. perjalanan dari Pontianak ke serukam memakan waktu kurang lebih 5 jam perjalanan darat menggunakan bis. sekitar pukul 2 siang kami baru bertolak meninggalkan rumah makan langsung menuju rumah sakit bethesda, serukam, kabupaten bengkayang. sepanjang perjalanan, sebagian besar pemandangan didominasi oleh sungai dan ladang, terkadang ada hutan-hutan kecil yang berada di tepian jalan. hamparan pohon kelapa, kelapa sawit, coklat memenuhi ladang disana. sebagian rumah disana merupakan rumah panggung, walau sedikit nanggung untuk dikatakan sebagai rumah panggung, karena jarak antara tanah-rumah hanya sekitar 20-30 cm, itu dikarenakan sebagian rumah disana didirikan diatas rawa/sungai. di suatu daerah, kami berjalan di pesisir pantai, sekitar 50-100 meter dari laut. jadi ingat dengan pantai kuta.

sekitar pukul 7 malam kami mulai memasuki penginapan kami di rumah sakit Bethesda, Serukam. rumah sakit umum (rsu) bethesda serukam sudah didirikan 35 tahun (cmiiw) yang lalu oleh dr. wendell geary, yang oleh orang-rang disana dipanggil opa geary. dr. geary sampai saat ini masih tinggal di lingkungan rumah sakit bersama oma geary, hanya saja saat kami berada disana, beliau sedang memperpanjang visa ijin tinggalnya. kepemimpinannya sekarang dilanjutkan oleh anaknya, dr. paul geary. katanya dulu banyak dokter asing yang melakukan pelayanan sembari menjadi dokter di rumah sakit ini. tapi saat ini hanya tersisa dr. paul, opa geary (yang sudah pensiun), dan dr. steve. sebagian dari kami tinggal di motel milik rumah sakit. sebagian lagi disebar di beberapa rumah dokter yang ada disana. aku dan 9 orang teman kebagian tinggal di rumah dr. steve. untungnya, rumah dr. steve terbagi menjadi 2 bagian jadi aktivitas kami tidak mengganggu aktivitas dr. steve secara langsung, bagian atas rumah merupakan hunian dr. steve dan keluarga, bagian bawah yang merupakan bagian terpisah menjadi tempat tinggal kami selama di serukam. rumah-rumah di lingkungan rumah sakit berbentuk rumah panggung, kemungkinan karena kontur tanahnya yang berbukit-bukit. tapi ada juga yang tidak, seperti rumah dr. paul, yang menggunakan bagian bawah rumahnya sebagai garasi. di lingkungan rumah sakit juga terdapat 1 sekolah international, bamboo river international school. aku tidak mendapatkan info yang terlalu dalam tentang sekolah ini, yang aku tahu, istri dr. steve juga mengajar di sekolah ini.

tidak ada agenda pada hari itu kecuali evaluasi perjalanan kami dari Surabaya-Serukam dan koordinasi untuk pelayanan hari pertama kami di rumah sakit itu. selepas makan malam, kami habiskan dengan beristirahat, mempersiapkan diri untuk pelayanan pertama kami keesokan hari.

Written by gerald

January 2, 2010 at 7:11 pm

Posted in mission trip, serukam