it belongs to me

just me

road to serukam & tamong part 2

with one comment


Senin, 21 desember 2009

Misi dimulai

Kami memulai hari ini dengan semangat. Pukul 7 WIB kami sudah berada di area kantin rumah sakit untuk sarapan. sebenarnya kurang tepat untuk disebut kantin rumah sakit, karena letaknya yang terpisah dari rumah sakit. tempat ini seperti pujasera, kumpulan beberapa warung kecil dalam suatu kawasan. tidak begitu luas, kira-kira ada 10 warung. sebagian besar menunya mengandung babi… hehehe, enyak… rasanya tidak lega jika melakukan kegiatan dengan perut kosong. sarapan kali ini aku memilih bubur babi yang jangan ditanya kelezatannya, sungguh nikmat. aku pribadi menyukainya, tapi bagi beberapa orang, makan bubur sama dengan orang sakit. yah, selera orang kan berbeda.. Hahaha..

Kami selalu memulai hari dengan renungan pagi dimana pemimpin pujian dan firman dilakukan secara bergilir diantara kami. hari pertama giliran nanda yang bertugas sebagai pemimpin pujian dan ivanna asnur sebagai pembawa firman. setelah renungan pagi, acara hari itu dimulai dengan perkenalan kami dengan staf PKMD yang akan membantu pelayanan kami selama di serukam dan tamong.
PKMD (Pelayanan Kesehatan Masyarakat Desa) adalah bagian dari rumah sakit yang bergerak di bidang kesehatan untuk mensosialisasikan tentang kesehatan masyarakat di beberapa desa di sekitar Serukam, salah satunya adalah desa Tamong, yang akan kami kunjungi beberapa hari kedepan.

Ada beberapa kegiatan paralel yang berlangsung pada hari itu. Tim visitasi disebar untuk melakukan kunjungan ke bangsal-bangsal rumah sakit, untuk melakukan visitasi ke setiap pasien yang ada. Siapa tahu, dengan visitasi ini, ada beberapa pasien yang akan terhibur. Tim pembangunan melakukan tugas pertama mereka untuk melakukan pengecatan pada kantor PKMD. Ada tim pelayanan anak yang melakukan seminar kecil terhadap guru-guru sekolah minggu  di kawasan serukam; acaranya diadakan di sebuah gereja di luar komplek rumah sakit. Dan yang terakhir ada pelatihan komputer untuk beberapa karyawan PKMD. Aku terlibat di bagian ini. Ini merupakan pengalaman pertamaku mengajar komputer untuk orang-orang yang umurnya jauh lebih tua diatasku. Bahkan ini pengalaman pertamaku mengajar. Materinya tentang microsoft office dan sedikit pengenalan internet. Ada sedikit rasa gugup saat memulai pelatihan. Dengan berbekal modul yang kami download dari beberapa sumber, pelatihan dimulai dengan materi utama microsoft excel. Materi yang sangat padat harus diselesaikan dalam waktu sekitar 5 jam yang diselangi waktu makan siang. Rencana awal, akan ada 4 sesi pelatihan dalam waktu 2 hari, ternyata kami hanya diberi 2 sesi dalam 1 hari. Dan saat itu juga rencana berubah. Kami memutuskan untuk memusatkan pelatihan di microsoft excel, karena kami pikir itu kebutuhan terbesar mereka sebagai pegawai PKMD.
Seusai makan siang, pelatihan dilanjutkan dengan materi yang sama, ditambah sedikit pelatihan pembuatan email dan optimasi googling. Pelatihan selesai sekiat pukul 15.30 karena setelah pelatihan ini kami harus mempersiapkan diri untuk mengikuti acara perayaan natal bersama PKMD dan staf rumah sakit.

Pukul 17.00 acara natal bersama dimulai, kami membaur bersama dengan seluruh staf PKMD dan staf juga dokter rumah sakit dalam perayaan natal tersebut. renungan firman Tuhan disampaikan oleh K’ wanto (Perdian). Acara ditutup dengan makan malam bersama, dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan pembagian doorprize.
Setelahnya, kami menutup kegiatan hari ini dengan evaluasi kegiatan yang telah kami lakukan hari ini dianjutkan dengan koordinasi kegiatan yang akan kami lakukan esok hari.

Written by gerald

January 2, 2010 at 8:15 pm

Posted in mission trip, serukam

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. wah… akhirnya publish juga nih cerita ke hutannya hi3x…

    ditunggu postingan selanjutnya………….. btw… kok kelinci pesenan gua ga ketemu sih :D

    .desi: wajib des… rugi jalan jauh”, ga bagi” sama orang lain.. tungguin, yak…
    soal kelinci, gw ga mau ngerusak keseimbangan alam dsana, des… hehehehehe… klinci ga nemu, duren banyak, des..

    th3sea

    January 5, 2010 at 4:09 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: