it belongs to me

just me

road to serukam & tamong part 5

with one comment


Kamis, 24 Desember 2009

Negeri di Atas Awan dan Malam Natal

hari ini adalah hari pertama kami melayani di desa ini. dari tempat tinggal kami di bkm (balai kesehatan masyarakat), kami harus naik ke gedung sekolah tempat kami akan memulai kegiatan. semua kegiatan makan, dari sarapan sampai makan malam kami lakuka disini. dari bkm ke gedung sekolah, kami harus mendaki lagi selama sekitar 20-30 menit dengan medan berbatu yang kalau hujan ditambah dengan licin.. tapi melihat kondisi alam desa itu, semua rasa lelah hilang begitu tiba dipuncak. karena udara masih agak dingin pagi itu, daerah sekitar gedung sekolah masih diselimuti kabut sampai ke bberapa bagian di bawah sekolah. jadi pada saat itu, jika melihat ke bagian di bawah gedung sekolah, kami merasa seperti di negeri di atas awan. begitu indah..
ini baru permulaan, kawan.. medan berat lainnya sedang menunggu di bagian lain.
cuaca di desa ini sedikit ekstrim, kadang panas, kadang hujan dengan cepat menggantikan terik sinar matahari yang bersinar. dan yang menakjubkan, setiap turun hujan/gerimis, kabut akan segera turun, dan dengan segera kami akan berada di negeri awan kembali..
sarapan pagi itu hanya sepiring mie goreng instan terlihat begitu sedap karena perut kami yang lapar setelah mendaki.

from bkm to the school

rencana kegiatan kami pada hari ini sebagian besar hanya untuk survey. setelah sarapan dan renungan pagi, kami langsung menuju gedung gereja yang jaraknya sekitar 5-10 menit dari gedung sekolah. rencananya renungan pagi hari itu akan digabung dengan kegiatan perkenalan dengan pejabat desa setempat. dari beberapa pejabat desa yang diundang, hanya kepala desa yang bersedia hadir, itu juga karena rumahnya ada di desa yang sama, kepala camat yang diundang tidak hadir, kemungkinan karena lokasi yang jauh, sehingga beliau harus menumpuh perjalanan yang tidak dekat untuk menuju desa tamong.
selesai dari ibadah renungan pagi dan perkenalan, tim pelayanan langsung disebar. cuaca sedikit hujan saat itu, walau begitu tim visitasi bersama dengan beberapa pegawai pkmd langsung menuju perumahan warga yang berjarak sekitar 20-30 menit lagi dari gedung gereja, dengan medan yang mendaki pula.
tim petanian akan langsung mengadakan penyuluhan pertanian di gedung sekolah dan akan dilanjutkan dengan pembuatan terasering untuk ladang warga. kontur tanah di daerah itu berbukit-bukit, tapi warga sama sekali tidak pernah menggunakan terasering untuk ladangnya. selain itu kondisi ladang/tanah di desa itu sangat buruk. bagian yang subur hanya sekitar 10-15 cm saja, dan sisanya berupa tanah liat. jadi sistem pertanian disana masih menggunakan ladang berpindah apabila tanah yang digunakan dirasa sudah tidak subur lagi. hal inilah yang menyebabkan banyak hutan yang ditebang untuk dijadikan lahan pertanian. dan ladang yang sudah tidak produktif akan ditinggalkan oleh warga. tim pertanian dengan bagiannya akan mengajarkan warga untuk menggunakan sistem terasering/ladang bertingkat dan pengolahan tanah dengan pupuk (yang ternyata tidak pernah mereka gunakan) untuk menjaga tingkat kesuburan tanah.
tim pelayanan anak hari itu hanya melakukan survey tempat di sekolah yang akan dijadikan tempat pertemuan dengan anak-anak esok hari. hari itu kami hanya melakukan beberapa persiapan dekorasi, mengatur ruangan dan mempersiapkan berbagai properti yang akan kami gunakan dalam pelayanan anak.
tim pembangunan langsung melakukan beberapa aktifitas finishing pembangunan gereja yang belum selesai.
beberapa kegiatan berlangsung terus dan hanya disela oleh kegiatan makan siang di gedung sekolah.

kegiatan diselesaikan sore hari dengan evaluasi kegiatan hari itu dan koordinasi singkat untuk pelayanan esok hari. sesudah itu kami makan malam baru setelahnya kami kembali turun ke bkm untuk beristirahat.

kami seperti menghilang dari dunia sejak kami meinggalkan surabaya hari minggu lalu. tanpa koran, tanpa internet, tanpa berita. dan yang lucu, di bkm tempat kami tinggal selama di tamong, foto presiden dan wakil presiden yang ada disana adalah foto gus dur dan megawati… beberapa dari kami lengsung menjadikannya lelucon, “ternyata selama beberapa hari ini posisi presiden-wakil presiden sudah berubah…”
dan karena ketidak tehuan kami juga, ternyata hari itu adalah malam natal.. beberapa dari kami baru pertama kalinya merayakan natal jauh dari keluarga. berada di sebuah tempat tanpa keluarga dan aktifitas-aktifitas lain yang biasa dilakukan selama malam natal.
selepas membersihkan diri, kami bekumpul di ruang tengah bkm untuk mengikuti ‘ibadah malam natal’ kami. ibadah malam natal yang sangat sederhana. tanpa pohon natal, tanpa keluarga kami pada umumnya. dengan beberapa lagu dan sebuah renungan natal dari buku renungan, kami melakukan perenungan natal kami. sungguh ibadah yang sangat sederhana. tim visitasi ternyata telah mempersiapkan acara in dari surabaya, setiap kami diberikan selembar kartu natal dan isuruh utnuk menuliskan renungan kami masing-masing di sisi lainnya. apapun boleh kami tulis disana, termasuk pokok doa pribadi kami. selanjutnya kartu tersebut akan dikumpulkan kembali dan akan dibagikan secara acak kepada masing-masing kami. selanjutnya kami berdoa bersama, mengangkat pokok doa dari kartu yang sudah kami terima. mendoakan teman-teman sepelayanan kami ditempat ini.
tidak sampat 1 rasanya renungan natal itu berakhir, kemudian kami kembali ke kegiatan pribadi kami masing-masing. ada yang kembali beristirahat, ada pula yang sibuk dengan ponselnya untuk mengirim dan menerima juga mengucapkan selamat natal..

sungguh malam natal yang berkesan. dan ini akan menjadi malam natal yang tidak akan pernah kulupakan..

Written by gerald

January 12, 2010 at 1:28 pm

Posted in mission trip, tamong

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. Up date dongggggggggggggggggg

    lelaki aneh

    March 9, 2010 at 12:47 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: