it belongs to me

just me

Indonesian Top 10 Experiences (Lonely Planet)

with 2 comments


kemaren waktu makan siang nemu buku Lonely Planet: Indonesia, seru juga buat dibaca, lengkap, dari sejarah negara ini sejak jaman kerajaan2 dulu, jaman penjajahan, sampe jaman reformasi ada. gw yang orang indonesia aja banyak manggut-manggut karena banyak baca informasi baru dari buku ini. lonely planet ini yg terbitan tahun 2007, jadi masih cukup update..

ada 1 artikel menarik di dalamnya tantang 10 pengalaman paling menarik selama di indonesia, here they are:

1. A beaming Indonesian smile – locals here are unfailingly happy and warm.
Sejak jaman kapan juga masyarakat Negara ini udah dikenal dengan murah senyum… share your smile everyday…

2. Spontaneous guitar-strumming sessions on street corners, warung, Pelni boats….
Spontan? Sepertinya itu sudah direncanakan sama para pengamen disana, secara itulah mata pencaharian mereka… yg gw suka frase ‘guitar-strumming’, hehehehe, emang main gitarnya kan suka pada kacau, walau ada juga yang bagus. malah di surabaya dulu banyak banget yang cuman genjreng2 ga jelas, nyanyinya juga ga jelas, panteslah kalau dibilang ‘strumming’

3. Dancing Poco-Poco (Indonesian line dancing) at a Maluku village disco.
Jadi inget jaman SD dulu, senam pagi pernah diganti-ganti dari SKJ, Sajojo.. Kalau poco-poco di lingkungan kawinan orang Ambon pernah yang terakhir November 2008.. seru… kalau tentang line dancing gini, setau gw indonesia punya banyak, setiap daerah gw yakin pasti punya..

4. Taking your becak (bicycle-rickshaw) driver for a ride instead of the other way around.
No comment deh kalau sama abang tukang becak ini… suka ajaib cara bawain becaknya…

5. Sharing your rambutans and rupiah during impromptu card games on overnight ferries.
Mungkin ini sama supir2 truk yang naik ferry gt, yah? Apalagi kalau ikut penyebrangan malam dan lama, seperti bali-lombok yang bisa memakan waktu hinggal 5 jam…

6. Catching a bus when school’s out and responding to a dozen kids practicing their five English question.
Hayo tunjuk jari siapa yang pernah ketemu bule di bus terus nanya2 ga jelas?! *ngacung!* Apalagi waktu ke Jogja bulan April lalu, asik bgt kalau ngobrol dengan bule backpacker, banyak ilmunya! tapi ga semua bule/turis ditanyain, liat aja yang responnya bagus, ya bisa diajak ngobrol panjang, kalau turisnya juga pasif ntar malah kaya’ wawancara. pengalaman gw waktu di jogja kemaren, bulenya juga bnyak tanya tentang kita, apalagi waktu itu dia sempat tanya tentang bali dan lombok, ya udah gw kasi tau aja apa yang gw tau, secara gw pernah tinggal di sana.

7. Starring in countless strangers’ holiday pictures.
Kalau ini meskipun gw pernah tinggal di bali, ga segitunya kali’ ngajak bule yang ga dikenal buat foto bareng… meskipun gw pernah liat beberapa orang yang melakukan itu…. Atau ada yang pernah ngelakuin ini? Ngaku!!

8. Helmet-less ojek (motorcycle) trips.
Cuman bisa ketawa… hwehehehehehehe…. berhubung gw belom pernah naik ojek, jadi ga bisa komen deh..

9. Coffee, cigarettes and conversations at 2am bus stops.
Pasti sama abang-abang supir & kernat bis malem…. Gw belum pernah nyobain, sih.. tapi kalau orangnya ga serem2 amat, rasanya bisa dicoba..

10. Learning how to sleep through the morning call to prayer.
Kalau yang ini, mungkin sebagai orang yang pernah tinggal di Mataram, Lombok, dimana suara Adzan bisa terdengar dari arah manapun, gw sudah terbiasa, jadi hal ini ga gitu berpengaruh sama gw.. (sorry, no offense, ya… rada sensitive nih kalau ngomongin yang beginian)

see, beberapa adalah kegiatan yang menurut kita sepele, tapi bagi mereka (baca: turis asing) bisa menjadi suatu pengalaman yang menarik dan cukup menyenangkan… ada yang punya pengalaman lain?

update: please read the english version in shvoong. thanks..

Written by gerald

June 8, 2010 at 3:14 pm

Posted in travelling

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. ditunggu semua buku2 itu di rumahku. kirim segeraaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa, kalau nggak pecat

    fai

    June 12, 2010 at 3:13 pm

  2. fai: idih, segitunya maen pecat jadi temen..

    Lagian ini bukan punya gw, bro.. Hehehe..
    *modal minjem*

    aLdo

    June 12, 2010 at 10:48 pm


Leave a Reply

