it belongs to me

just me

permainan kata & gambar

with one comment


sharing yg ringan2 lagi, ahh…

bulan lalu gw berkesempatan untuk menggantikan dosen bahasa inggris di akademi perawat, salah satu bagian pelayanan dari yayasan Bethesda di sini. OK, sebelum pada salah pengertian, gw di kelas cuman bagiin soal quiz, nungguin quiz selama 1 jam, dan selanjutnya kelas akan diambil alih oleh Kristen, seorang pelajar dari usa yg sedang berkunjung ke sini. jadi, sebnernya aku ga ngapa2in. :D

ternyata Kristen membawa sebuah permainan yang cukup menyenangkan. gw sendiri pernah memainkan permainan sejenis, tapi sedkit berbeda, karena hanya menggunakan kata, kalau yang ini juga menggunakan gambar. mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok, tergantung dari jumlah total mahasiswa, lebih banyak orang dalam suatu kelompok akan semakin baik. usahakan jumlah peserta tiap kelompok adalah ganjil, ga ganjil juga gpp, tapi lebih seru kalau ganjil..
untuk posisi duduk, usahakan peserta sesama kelompok tidak bisa saling mencontek, kalau antar grup kalau mau saling lihat ga masalah, tapi sebaiknya jangan juga supaya lebih seru. yang paling penting, antar 1 kelompok tidak boleh saling mencontek!!! haram hukumnya!!!

oka, cara bermainnya gini:
masing-masing peserta urutan nomor 1 dari tiap kelompok akan disuruh membuat suatu kalimat dalam bahasa inggris (karena ini adalah kelas bahasa inggris, ga mungkin disuruh pakai bahasa rusia, kan?). kalimat yang ditulis harus kalimat lengkap, ada subjek dan objek, kalau perlu pakai keterangan juga lebih baik. tidak boleh berupa frase (tau beda frase dan kalimat, kan?).

selanjutnya kertas akan diberikan ke nomor urutan selanjutnya yang akan mendeskripsikan kalimat tersebut dalam bentuk GAMBAR. nah, ini bagian yang penting, sebelum kertas disampaikan ke nomor urut selanjutnya di tiap kelompok, orang kedua tadi harus menyembunyikan kalimat yang ditulis orang pertamadengan cara melipat kertas yang ada kalimatnya. ngerti? jadi peserta berikutnya akan kembali menuliskan kalimat berdasarkan gambar yang ditulis orang kedua tanpa boleh tau kalimat yang ditulis orang pertama lalu akan menyembunyikan gambar yang dibuat oleh peserta nomor 2 lalu memberikan ke peserta nomor 4..

singkatnya, peserta nomor urut ganjil akan menulis kalimat berdasarkan gambar lalu menyembunyikan gambar tersebut (kecuali peserta nomor 1) dan peserta nomor urut genap akan menggambar berdasarkan kalimat orang berikutnya dan menyembunyikan kalimat tersebut…

pemenangnya adalah yang kalimat awal dan akhir paling mirip..

ini contoh hasil permainan waktu itu.. (klik untuk memperbesar)

Written by gerald

July 25, 2010 at 8:39 am

Posted in Uncategorized

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. emang apa do bedanya frase sama kalimat?
    he3x…

    th3sea

    August 20, 2010 at 10:52 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: