it belongs to me

just me

ccip 2012 – interview & toefl test

with 4 comments


setelah masa pengajuan aplikasi, tahap selanjutnya menunggu tahap pertama, mengikuti seleksi beasiswa semacam ini memang harus punya urat sabar yang panjang, karena akan sangat sering menunggu, tapi dibanding dengan aplikasi beasiswa yang lain, masa menunggu CCIP tidak terlalu lama [tapi cukup untuk membuat galau :D].

interview & toefl test notification merupakan email notifikasi pertama tentang CCIP 2012 yang gw terima dari AMINEF. Emailnya dikirim per group, 1 group berisi sekitar 10 orang pelamar.

Dear All,

We are pleased to inform you that the AMINEF selection committee has finished their review on the Community College Initiative Program applications, and will consider you for an interview and ITP TOEFL Test. The interview and ITP TOEFL TEST are tentatively scheduled on Monday, December 05 and Tuesday, December 06, 2011, at AMINEF Office, CIMB Niaga Plaza 3rd Floor, Jalan Jenderal Sudirman Kav. 25, Jakarta.

dari masa deadline aplikasi, akan ada masa menunggu sekitar 2-3 minggu untuk panggilan interview & toefl test (toefl test sepertinya hanya untuk yang toeflnya pas-pasan seperti gw.. :D) yang biasanya dilaksanakan di bulan desember. untuk gw, interview & toefl notification diterima melalui email tanggal 16 november 2011 sedangkan interview & toefl test diadakan tanggal 5 & 6 desember 2011. biasanya jadwal interview dan toefl berbeda hari, bisa interview di hari pertama atau sebaliknya.
tenang saja, untuk yang domisili di luar Jakarta, transportasi & akomodasi diatur & ditanggung sepenuhnya oleh AMINEF, dapat uang saku pula. di beberapa beasiswa lain yang gw dengar, tanggungan akomodasi & transportasi hanya jika partisipan sudah lolos tahap wawancara, untuk CCIP, tanggunan akomodasi & transport yang dibutuhkan sudah diberikan sejak akan memasuki tahap wawancara & TOEFL test. betapa baiknya AMINEF *cium-cium AMINEF*. email konfirmasi akomodasi & transportasi biasanya datang sekitar 1 minggu sebelum waktu interview dan toefl test yang sudah dijadwalkan.

untuk akomodaasi, biasanya aplicant akan diinapkan di hotel alia cikini (bukan grand alia), lokasi hotel tepat berada di seberang taman ismail marzuki. dari bandara soekarno-hatta naik damri ke stasiun gambir, dari stasiun gambir bisa naik taxi/bajaj ke arah cikini. gw lebih memilih naik taxi, karena harganya sama aja dengan naik bajaj di kisaran rp. 15.000,-

posisi hotel yang berhadapan langsung dengan bioskop membuat hasrat ingin nonton gw memuncak, tiba di hotel sekitar pukul 2 siang, minta kunci kamar di receptionist ternyata udah diambil oleh teman sekamar yang sudah lebih dulu datang dari makasar. setelah beristirahat sebentar, gw langsung cabut untuk nonton di TIM. berasa rugi udah ada bioskop depan hotel tapi ga nyempetin ke sana. hehehe.. pulangnya cuman baca-baca aplikasi yang gw kirimkan bulan sebelumnya hanya untuk mengingat-ingat jawaban yang gw tulis di aplikasi.
awalnya sempet jiper dikit, temen sekamar gw, Adi, dari makasar seperti cukup berpengalaman dalam masalah scholarship, sedang gw, ini aplikasi beasiswa gw yang pertama lolos ke tahap interview, yang ADS gagal pada seleksi aplikasi. tapi gw berusaha tenang dan tetap mencoba untuk memberikan yang terbaik. :)

wawancara & TOEFL test dilaksakan di kantor AMINEF di plaza CIMB Niaga, sudirman. kalau naik taxi dari hotel mungkin akan menghabiskan sekitar rp. 20.000-25.000, kalau patungan sama teman-teman interviewee yang lain jadi murah banget, kok.. hehehe…
oya, jangan sampe salah gedung, ya.. pastikan supir taxinya tidak membawa anda ke gedung yang salah *lirik bunga, jane lie..*. plaza CIMB niaga bertempat di depan hotel le meridien jakarta.

@ the aminef

i believe everyone who invited to the interview has at least 1 photo with this background.. :D

untuk wawancara, tidak usah takut, pertanyaan yang diajukan biasanya seputaran aplikasi yang kita ajukan sebelumnya. sama seperti yang dikatakan hestin, mereka hanya ingin memastikan keberadaan kita di dunia ini, apakah benar-benar exist atau enggak.. wawancara dilakukan dalam bahasa inggris. interviewer jumlahnya sekitar 3-5 orang, waktu gw, interviwernya 5 orang, 2 orang asing (american fulbrighter yang sdang penelitian di Indonesia), 3 orang indonesia dimana 1 orang adalah dari pihak AMINEF, sisanya sepertinya awardee fulbright yang berkompetensi dalam melakukan wawancara. proses wawancara sendiri biasanya berkisar antara 20-30 menit per interviewee. jadi, siapkan diri, kuasai aplikasi dan yang terpenting perjelas ‘mimpi’ itu, make it real.

hari kedua, 6 desember, diisi dengan toefl test di tempat yang sama. hanya saja, ‘ketegangannya’ berbeda jauh. hari sebelumnya gw harus bolak-balik kamar mandi beberapa kali sebelum interview, hari ini tinggal itp toefl test, jadi agak santai.
toefl test diadakan oleh EducationUSA, kantornya di lantai yang sama dengan kantor AMINEF, hanya berbeda bagian saja. test tidak jauh berbeda dengan toefl test lainnya, ada bagian listening, structure & reading.

biasanya 1 term wawancara & TOEFL test terdiri dari 10-11 orang, bisa berbeda setiap termnya. nah, gunakan saat itu untuk bertukar email, no telp, dll yang nantinya pasti sangat dibutuhkan untuk bertukar informasi jika lolos tahap berikutnya.

take a deep breath, then wait again.. :)

4 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. […] 5 & 6 december interview and toefl test at the AMINEF office […]

  2. […] Interview and toefl test at the AMINEF office Story by Aldo I Wanna Go to The United States by Reni Experience Jakarta by Eliyan Pengalaman CCIP-Interview by […]

  3. trus….lolos gx?
    hehehehehe

    jody

    November 26, 2012 at 10:09 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: