it belongs to me

just me

photograph for visa application

with 2 comments


Setelah euforia PDO di Lombok, akan ada beberapa proses yang harus dilakukan menjelang keberangkatan ke Amerika. *yiippeee!* Email notifikasi yang diterima pertama adalah mengenai pengumpulan foto ke AMINEF untuk pengajuan visa interview. Komposisi foto sudah ditentukan oleh kedutaan Amerika. Syarat untuk proporsi fotonya cukup detil.

Sangat disarankan untuk dilakukan di studio foto dengan pengaturan cahaya yang memadai & profesional. Jika mengalami kesulitan menemukan studio foto yang bisa melakukannya dengan baik (contohnya karena posisi tempat tinggal di pedalaman Kalimantan seperti gw), bisa dengan meminta tolong teman untuk mengmbil foto. Edit sedikit untuk menyesuaikan proporsi foto, brightness, dan contrast. Yang perlu diperhatikan untuk yang melakukan foto bukan di studio adalah pencahayaan. Pastikan tidak ada bayangan keras yang jatuh di wajah, bayangan yang jatuh pada background, fokus yang baik, pengaturan brightness & contrast yang benar, penggunaan latar belakang putih (bukan hasil editing), dan resolusi foto yang tepat. Jika menggunakan kacamata, pastikan tidak ada cahaya yang memantul di kacamata. Untuk contoh foto selengkapnya bisa dilihat pada link ini.

Sebelum mengumpulkan foto, pastikan proporsi wajah pada foto sudah benar, karena akan berpengaruh pengumpulan foto ulang. Dan bagi yang di luar Jakarta akan lumayan menyulitkan karena harus mengirimkan foto fisik (bukan softcopy) lebih dari satu kali. Untuk menyiasatinya, bisa dengan mengirimkan softcopy foto yang akan dicetak melalui email ke staf AMINEF sebelum mengirimkan foto fisik. Cara kedua, cek apakah proporsi foto sudah benar melalui link berikut. Jika sudah, silahkan cetak foto, lalu dikirim atau diantar langsung ke kantor AMINEF.

Jika foto sudah benar, biasanya akan ada notifikasi dari staf AMINEF yang menyatakan bahwa foto yang kita kirimkan sudah diterima dan sudah memenuhi krieria foto yang sudah ditetapkan.

Sumber gambar: http://travel.state.gov/

Written by gerald

May 30, 2012 at 3:21 pm

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. […] may photograph for visa interview submition need to send 2 copies of 5×5 photograph with tight requirement. no exact deadline, send as soon […]

  2. […] 21 May photograph for visa interview submition Story by Aldo […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: