it belongs to me

just me

Fun Times at Chicago

with one comment


Sudah mencapai 2 minggu pertama di negara orang. 4 hari pertama dihabiskan di Chicago untuk CCID Arrival Orientation 2012. Tahun lalu acara serupa dilaksanakan di Atlanta, Georgia, tahun ini pindah tempat di Chicago, Illinois. Arrival orrientation ini hanya dilakukan untuk siswa CCI Program di bawah konsorsium CCID. Untuk konsorsium lain, mereka biasanya punya acara sendiri, seperti retreat yang diadakan 2 kali setahun oleh konsorsium CCC.

Arrival Orrientation ini dilaksakan di kawasan University of Chicago. Hal pertama yang membuat kami kagum akan tempat ini adalah arsitekturnya. Bangunan tua bergaya gothic bergabung dengan bangunan-bangunan modern. Kami seperti berada di kawasan Hogwarts. Bahkan kelelahan kami setelah melakukan perjalanan panjang sekitar 30 jam dari Indonesia kami abaikan karena ingin segera menjelajahi kawasan ini (bahkan hampir tersesat karena bentuk bangunan yang mirip -___-“).

Image

Dining Room (Isn’t it like Hogwarts Common Hall?)

Image

Image

Jalan-jalan abis makan malam (ini jam 7.30 PM, loh!)

Acara dikemas sedemikian rupa untuk para penerima beasiswa untuk mengnal beberapa peraturan penting yang harus diketahui sebelum disebar ke masing-masing college. Biasanya acara mulai pagi hari setelah sarapan, sekitar pukul 9-10 pagi. acara siang-malam hari biasanya berupa field trip. 3 hari acara ini diselenggarakan (8-10 Agustus 2012) dan setiap hari ada tempat berbeda yang kami kunjungi.

Hari pertama kami mengunjungi Museum Science & Industry Chicago. Agenda utama di tempat itu adalah nonton film dokumenter berjudul “Born to be Wild” di theater IMAX yang ada di bioskop itu. Filmnya sendiri bercerita tentang 2 orang yang berjuang untuk kehidupan hewan liar yang mulai tergusur karena ulah manusia. Daphne Sheldrick dengan kehidupan gajah liar di daerah Kenya dan Birute Galdikas dengan Orangutannya di Tanjung Puting, Kalimantan Tengah. Menonton film ini, khususnya bagian tentang Orangutan seperti melihat visualisasi tokoh Ibu Inga yang ditulis oleh Dee (Dewi Lestari) dalam Supernova: Partikel. Bahkan ada di dalamnya seekor Orangutan kecil bernama Desi, persis seperti yang ada di dalam novel. Sosok perempuan ‘bule’ yang berjuang disana, semuanya mirip. Gw ga tau apakah film ini juga diputar di teater IMAX Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Jika teater IMAX  ini dibandingkan dengan IMAX di Keong Mas, jelas kalah jauh Keong Mas. layarnya jauh lebih besar yang ada di museum ini, bahkan tempat duduknya dibuat senyaman mungkin untuk bisa menikmati film dengan posisi setengah tidur.

Birute Galdikas & Orangutan

Birute Galdikas & Orangutan

2 jam berikutnya kami habiskan dengan berkeliling di museum ini. Sejujurnya, 2 jam adalah waktu yang sangat kurang untuk berkunjung ke museum ini. Museum yang bangunannya sudah berdiri sejak tahun 1983 ini begitu amat luas. Dibagi beberapa section dan setiap sectionnya ada banyak hal yang bisa dilakukan pengunjung secara interktif. Jika biasanya di Indonesia museum hanya berupa pajangan, di tempat ini pengunjung bisa berinteraksi menggunakan benda-benda yang dipamerkan. Metode yang sangat baik untuk pengajaran bagi anak sekolah dari TK-SMA, bahkan untuk anak kuliah sekalipun.

Image

Image

Image

Image

Image

Hari kedua orientasi kami mengunjungi Wrigley’s Field untuk menonton pertandingan baseball antara Chicago Cubs dan Cincinnati Reds. Selain Rugby (American Football), baseball adalah salah satu olahraga yang paling banyak ditonton oleh masyarakat Amerika Serikat. Dan menonton salah satu pertandingan antara 2 tim terkenal ini di salah 1 stadion paling terkenal di Amerika adalah suatu kehormatan bagi kami yang baru beberapa hari menginjakkan kaki di Amerika. Wrigley’s Field sendiri adalah salah 1 stadion tertua di Amerika Serikat, dibangun sejak tahun 1914 dan sejak 1916 sudah menjadi home stadion untuk tim Chicago Cubs.

Game yang seharusnya dimulai pukul 7 PM tertuda sampai 8.30 PM karena cuaca Chicago yang tidak terlalu bersahabat saat itu. Seperti julukannya, Windy City, cuaca di Chicago cukup fluktuatif saat itu. Walau masih musim panas, tapi sering mendung dan berangin dingin.

Image

Image

Image

Hari terakhir orientasi kami melakukan field trip terakhir mengunjungi downtown Chicago. Mengenal arsitektur Chicago melalui River Boat Tour. Perjalanan sekitar 1,5 jam ini menyusuri Chicago River sambil dijelaskan sejarah gedung-gedung penting yang menghiasi downtown Chicago. Beberapa yang menarik adalah beberapa gedugn yang digunakan untuk syuting film The Dark Knight, seperti Hotel 71 yang digunakan sebagai penthouse Bruce Wayne dan gedung tua Chicago Post Office yang digunakan sebagai kantor polisi Gotham City. Perjalanan yang cukup menarik, banyak informasi yang didapatkan berkaitan dengan arsitektur Chicago, di mana Chicago memang cukup terkenal akan arsitektur kotanya.

Image

Hotel 71 (kanan) lokasi penthouse Bruce Wayne dalam The Dark Knight

Image

Selepas Boat Tour, kami diberikan 2 pilihan untuk menghabiskan waktu, antara Millenium Park dan Navy Pier di kawasan Chicago River. Gw dan beberapa teman memilih untuk menghabiskan waktu di Millenium Park yang terkenal dengan Cloud Gatenya. Sayang, waktu 1 jam memang tidak cukup untuk menjelajahi tempat ini. Bersyukur akan ada College Field Trip lagi ke Chicago dalam beberapa bulan ke depan (yeayy!).

Image

Image

Sabtu, 11 Agustus kami mulai disebar ke kampus kami masing-masing. Ada yang harus mengjear pesawat pagi, ada pula yang harus naik bus. Perjalanan dari Chicago ke Appleton, Wisconsin seharusnya hanya memakan waktu sekitar 3-3,5 jam, tapi karena kami harus mampir ke Madison, perjalanan memakan waktu sekitar 5 jam, dikurangin waktu makan siang sekitar 45 menit.

Kehidupan hari-hari pertama di Appleton, gw posting nanti, ya..

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. […] august CCID Arrival Orientation 2012 at University of Chicago, […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: