it belongs to me

just me

The Green Bay Packers

leave a comment »


Gw pernah menyebut tentang Green Bay sekilas di postingan gw beberapa waktu lalu. Jumat kemaren (Oct 26) lagi-lagi kita dibayarin (makasi CCID) untuk stadium tour ke Lambeau Field, stadion kebanggaannya warga Green Bay, tempat stadion ‘rumah’-nya The Packers.

IMG_2301

Kami dijadwalkan untuk stadium tour jam 9 pagi. Ditemani seorang tour guide, kami mengunjungi beberapa titik di stadion.

Sekilas tentang sejarah The Packers, tim ini merupakan salah satu (dari tiga) tim football tertua di USA, 2 lainnya adalah Chicago Bears (musuh bebuyutan Packers) & Atlanta Cardinals. Awalnya, Green Bay Packers adalah tim dari sebuah perusahaan packing, makanya namanya Packers. Mulai dibentuk 1919 dan mulai masuk kejuaraan dunia ditahun 1922. Sejak saat itu Green Bay Packers sudah pernah menjuarai 13 kejuaraan dunia (sekarang namanya Super Bowl). *tar di bawah gw ceritain tentang ‘musuhannya’ orang2 Wiscconsin dengan Illinois..*
Nama Lambeau sendiri diambil dari pelatih terkenal Packers yang pernah membawa Packers memenangkan World Champion sebanyak 9 kali. Setelah itu kejayaan Green Bay Packers dilanjutkan oleh Vince Lombardi, seorang pelatih football yang cukup terkanal di Amerika, saking terkenalnya, namanya diabadikan menjadi nama piala untuk Super Bowl.

IMG_2380

IMG_2367

Green Bay Packers adalah sebuah tim yang cukup unik. Tim ini merupakan satu-satunya tim football yang bukan dimiliki oleh nama pribadi. TIdak ada kepemilikan khusus untuk tim ini, Packers seperti dimiliki masyarakat Green Bay, bahkan Wisconsin. Mereka dijalankan seperti perusahaan dengan 170an pekerja, termasuk pekerja yang menjalankan administrasi, human resources, marketing, dll. Saking fanatiknya, terkadang kecintaan terhadap tim ini menjadi akar permusuhan yang sudah mengakar terhadap kota tim lawan. Dan salah 1 musuh bebuyutannya adalah tim yang berasal dari Chicago, Illinois, Chicago Bears. Ironisnya, kedua state ini berbatasan langsung, dari Green Bay sendiri mungkin hanya butuh 4-5 jam untuk sampai Chicago. Bahkan masyarakat Wisconsin punya julukan khusus untuk masyarakat Illinois, mereka menyebutnya FIB, singkatan dari F***ing Illinois Bast**ds. *ngakak*

Lambeau Field baru dipakai sejak tahun 1957, sebelumnya mereka menggunakan stadion lama, City Stadium. Stadion ini sendiri baru dinamakan Lambeau sejak Lambeau Meniggal dunia pada 1965, sebelumnya mereka menyebutnya New City Stadium.

Berhubung letaknya di Wisconsin, stadion ini punya julukan lain, The Frozen Tundra. Julukan ini muncul karena suhu extrim Wisconsin saat musim dingin nanti, di mana final Super Bowl biasa berlangsung. Lambeau Field mempunyai record saat menyelenggarakan pertandingan di suhu minus 13° Celcius. Inilah yang terkadang menjadi titik kuat The Packers, mereka terbiasa bermain di suhu rendah, kemampuan yang tidak dimiliki tim lainya.

Stadion ini merupakan salah satu stadion terbesar dengan kapasitas 73ribuan tempat duduk. Tapi jangan berharap untuk bisa membeli tiketnya di loket saat ada pertandingan ‘home’ berlangsung. Sistem pembelian tiket di stadion ini adalah sistem season, jadi pemilik tiket bisa menonton seluruh pertandingan yang dilaksanakan di stadion ini selama 1 musim. Dan untuk memiliki tiket pertandingan 1 musim, harapannya sangat kecil.
Begini, untuk membeli tiket dengan tempat duduk paling standard saja, harus masuk waiting list. Saat ini sudah ada 100.000 (seratus ribu) nama untuk jenis seat ini. Setiap tahunnya waiting list akan bergerak sekitar 20-30 saja. Jadi bisa dibayangkan klo masuk waiting list sekarang, sampe punya cucu mungkin blom dapet tiketnya. Orang-orang di sini punya kebiasaan untuk memasukkan nama anak mereka sejak baru lahir ke dalam waiting list, dengan harapan anaknya bisa dapet tiket nantinya, walaupun harapan itupun sangat tipis.
Uniknya, jika sudah mempunyai tiket musiman, tiket itu bisa diturunkan ke generasi berikutnya, jadi jika ada keluarga yang memiliki tiket ini, sudah pasti akan menjadi hal yang akan diturunkan dalam surat wasiat. Inilah yang menyebabkan urutan di waiting list tersebut ga naik-naik dari tahun ke tahun.
Kalau mau nonton masih ada harapan, beberapa orang akan menjual tiket mereka untuk per pertandingan biasanya di depan stadion sebelum pertandingan atau melaui internet. Kisaran harga minimal $70an per 1 seat. dan seat yang tersisa biasanya 1 atau 2 seat aja, ga bisa beli buat rombongan.
Selain standard seat, mereka juga mempunya puluhan ruang privat yang seatnya sudah dimiliki beberapa orang/perusahaan. Harga sewa 1 ruangannya bisa mencapai ribuan Dollar Amerika. *straight face*

Sayangnya di trip ini kita ga bisa masuk ke loker roomnya, karena tim sedang melakukan persiapan untuk pertandingan hari Minggu besok.

Gw kagum dengan profesionalitas mereka dalam mengatur tim olahraga ini. Museum, toko souvenir, semuanya bisa dijadikan sarana menambah pemasukan. Oya, stadion ini juga punya beberapa ruang conference yang cukup besar yang biasa disewakan untuk acara pernikahan atau pertemuan.

ps: Frozen Tundra photo is taken from: http://sheltonmedia.blogspot.com/2011/05/coming-to-ballpark-near-you-craig_18.html

Update:
So, I was in my my class today. We were working on a group project when one of my friend took out her Chicago Bears pencil. Then my other friend said, “Chicago Bears?!” Then suddenly the discussion stopped, awkward silence between us until someone said, “Well, I think we’re done.” He was kidding actually, but that’s how’s the Wisconsin people treat Illinois fans. They don’t treat them well.. :)

Written by gerald

October 30, 2012 at 10:04 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: